Adalah suatu pencapaian tertentu ketika
pada hari itu saya mendapatkan SMS dari pegawai GameShop di Best Denki dekat
rumah, yang mengatakan bahwa game ini sudah bisa saya ambil. Waktu itu bertepatan
dengan gladi resik wisuda saya, dan rasa senangnya melebihi rasa senang bahwa
saya sudah kembali di wisuda. Setelah acara saya langsung tancap gas, dan
ketika sudah sampai lokasi saya langsung ke BD. Sangat canggung rasanya untuk
kembali memegang kotak game dengan title
dan wajah karakter yang selama ini menemani saya dalam menua. Sedari muka Snake
masih berbentuk low-res polygon
hingga wajah high-def. Dari
ketergantungan penggunaan Stealth
hingga mendapatkan keuntungan dari menggunakan camo. Metal Gear series
seakan menjadi saksi bisu perkembangan kehidupan abnormal saya.
Konami, sebuah game developer ternama
yang juga telah memproduksi beberapa game tenar lainnya seperti Castlevania, Policenauts,
Pro Evolution Soccer, dan juga Silent Hill, kembali memayungi pengembangan game
ini. Namun tidak dapat dihindari bahwa, otak dari kehadiran fun stuff ini tidak lain dan tidak bukan
adalah Hideo Kojima. Banyak fans dari Metal Gear yang mengatakan bahwa Metal
Gear Solid V: The Phantom Pain (MGSV TPP) ini “a Hideo Kojima game…” yang
sempat viral di situs 9gag beberapa waktu silam. Hal ini dikarenakan adanya
pemberitaan mengenai perseteruan antara Kojima dan Konami semakin panas,
terutama ketika MGSV ini dikabarkan menjadi garapan Kojima terakhir dalam saga
ini dan hilangnya nama Kojima di cover
art game ini. Mungkin ini merupakan suatu realita dalam bisnis industri
game, namun entah kenapa saya melihatnya sebagai salah satu strategi marketing
yang sangat ampuh. Come on, last Hideo Kojima’s game? Siapa yang gak
mau ketinggalan?
Setelah sepertinya melakukan uji coba kedalam gameplay Ground Zero (GZ),
akhirnya FOX Engine digunakan ke dalam seri ini secara penuh. Keberadaan
lingkungan medan perang yang akan dihadapi oleh Big Boss terlihat lebih natural
dan tidak direka-reka. Segala pencahayaan, debu-debu yang berterbangan, pecahan
beling hingga goyangan ekor sang D-Horse terlihat nyata. Bahkan engine ini semakin terlihat kelihaiannya
ketika anda pertama kali memainkan campaign.
Cutscene yang bahkan membuat saya
berdecak kagum dan sempat membuat ayah saya (yang kebetulan juga merupakan fans
terhadap game ini) mengira cutscene tersebut
adalah potongan film yang ada di HBO and
stuff. Ayah saya berdecak kagum. Saya juga berdecak kagum. Ocelot berkacak
pinggang.
Snake on the Choppa |
MGSV TPP merupakan kelanjutan dari Metal
Gear Solid V: Ground Zero – yang memang merupakan satu alur cerita – dan
juga merupakan prequel seri Metal
Gear terdahulu (Metal Gear untuk MSX2)) Dalam installment ini, pemain akan kembali memainkan Big Boss a.k.a Naked
Snake, namun telah berganti julukan sebagai Punished “Venom” Snake; an ascribed status that gave more mature and
wiser image to Big Boss. Sistem open-world
diterapkan dalam seri ini, dan juga pemain lebih diberikan kebebasan dalam
menyelesaikan misi-misi yang diberikan, sama seperti GZ. Sehingga opsi pemain
dalam menuntaskan game ini secara keseluruhan akan berbeda-beda. Mungkin ada yang
akan menyelesaikan game ini dengan stealth
yang dominan, atau kaya ala Rambo yang blak-blakan menyerang camp-camp. Keputusan eksekusi ada di
tangan pemain, sehingga jadi lebih bervariasi. Dan storyline pun tidak diberikan secara linear. Sehingga pemain dapat
memilih opsi free roam hanya untuk
sekedar berkeliling map, mempelajari map tersebut, dan mungkin menghancurkan
beberapa camp atau instalasi. Dan
harap diingat bahwa, segala sesuatu yang player lakukan pada saat free roam, terutama dalam menghancurkan
infrastruktur, akan terbawa ke main story,
dan terkadang hal tersebut dapat menjadi keuntungan sendiri bagi pemain.
Selain tampilan grafik yang semakin
ciamik dan memanjakan mata, AI yang diberikan kepada masing-masing karakter pun
semakin cerdas. Terutama pada para “musuh” yang dihadapi. Walaupun mereka
mempunyai patrol line yang jelas,
namun ketika pergantian waktu (pagi-malam) mereka akan mempunyai spot baru dan
jika tidak direncanakan sebelumnya, dapat menjadi suatu timebomb bagi Snake. Dan juga tidak terlupa ketika alert atau caution, para troops ini
akan memunculkan kecerdasannya, dan somehow
menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar mereka. Bunyi pecahan vas,
gemerisik rumput, dan sebagainya. Mereka akan melontarkan flare untuk memperluas scope pandang
mereka dan juga memperkecil area gelap bagi Snake untuk bersembunyi.
Walaupun seperti itu, Big Boss sekali
lagi diberikan peralatan dan senjata yang dapat dikatakan mumpuni. Pada
level-level awal, player hanya akan mampu menggunakan tranquilizer gun yang hanya memiliki kapasitas ammo yang dapat dikatakan sedikit, camo fatigue yang terbatas, tangan mekanik yang hanya bisa
mengeluarkan knocking sound yang
menggantikan fitur “ketok-ketok tembok agar musuh mendatangi”, dan kuda putih polos
sebagai transportasi darat. Namun kedepannya, player dan Snake akan mampu
menggunakan beberapa senjata yang lebih baik dan mempunyai fitur-fitur yang
membantu, tangan mekanik yang lebih canggih, dan juga companion yang lebih baik dan lebih membantu seperti Quite, sniper babes yang menjadi point of interest saya, dan juga DD the
Dog. Tapi sampai dengan tulisan ini ditulis, DD masih pitik, dan saya belum
sampai dalam misi merekrut Quiet. Yap!
Metal
Gear Series selalu memberikan
fitur-fitur yang baru untuk disajikan kepada para penggemarnya. Kita lihat
kembali di Metal Gear Solid 3: Snake Eater, dimana CQC diperkenalkan dan
permainan tidak hanya mengandalkan teknik “tonjok-tonjok-tendang-pengsan”. Atau
sistem jual-beli point yang diberlakukan pada Metal Gear Solid 4: Guns of the
Patriots untuk membeli senjata dan upgradenya.
Dalam MGSV TPP ini juga beberapa fitur baru diberikan dan bahkan beberapa fitur
lama dari installment sebelumnya dihidupkan kembali:
Open-World
Maps: tidak tanggung-tanggung,
kali ini MGSV mengeluarkan dua map open-world
yang memiliki ukuran yang cukup besar untuk seorang Snake: Afghanistan dan
Central Afrika. Di dalam tiap map akan terdapat beberapa outpost dan juga camp yang
dijaga oleh beberapa troops dan juga villages atau perkampungan yang biasanya
telah di ambil alih oleh pihak musuh dan dijadikan semacam base. Terdapat juga beberapa spot seperti relay base, communication base, dan juga semacam HQ ditiap mapnya.
Belum diketahui secara pasti apakah terdapat mishap ataupun easter egg yang
menunggu untuk ditemukan para pemainnya. Dan juga tidak terlupa mengenai environment effect yang mampu memberikan keunggulan bagi player atau bahkan malah memberikan rintangan baru. Untuk map Afghanistan, player dan Snake akan sesekali dihadapi dengan kehadiran sandstorm yang tidak memiliki spawn pattern tertentu, dimana sandstorm ini akan memberikan keterbatasan jarak pandang, baik Snake maupun musuh disekitarnya. Untuk map Afrika masih belum diketahui apa environment effectnya.
Naked Punished "Venom" Snake struttin' on the sandstorm |
GMP: MGSV kembali menerapkan point system seperti di MGSIV sebelumnya, dimana pemain dapat
memperoleh point yang bernama GMP
yang akan berguna nantinya, baik untuk melakukan upgrade senjata dan peralatan lainnya, hingga melakukan beberapa action tertentu. GMP dapat diperoleh
dengan menyelesaikan misi, baik itu main
story maupun side-ops, ataupun
dengan melakukan eksekusi dengan bersih hingga me-capture suatu camp atau outpost.
Time-Cycle: fitur ini memberikan simulasi medan perang yang
sebenarnya, dimana waktu akan terus berjalan secara konstan. Snake dapat saja
berdiam diri di satu titik, mungkin dibawah pohon, sembari membiarkan waktu
berjalan dan membiarkan hari berganti, namun sepertinya hal tersebut akan
mempengaruhi achievement dan juga
besar kecilnya GMP yang diperoleh
pemain.
Fulton,
Recruitments, and Motherbase were back!: Fulton recovery system kembali di turut sertakan dalam installment ini. Dan
begitu juga dengan keberadaan Motherbase yang fully roamed serta sistem
rekruitmen troops untuk memperluas
keluarga mercenary Diamond Dogs ini.
Ketiga hal ini sebelumnya telah pernah di masukan kedalam gameplay Metal Gear Solid Peace Walker dan Metal Gear Portable Ops yang diperuntukan
untuk konsol PSP, namun penggunaan fitur ini menjadi lebih luas dan lebih baik
di installment ini.
Fulton Recovery on Sheep |
Fulton recovery
system merupakan suatu alat multifungsi yang dapat Snake pergunakan dari
bagian awal permainan, yang memiliki fungsi sebagai balon penyelamat.
Kedepannya, fulton ini akan dapat di-upgrade levelnya, sehingga dapat lebih
efisien dalam melakukan perekrutan anggota, hingga melakukan sesi penyelamatan.
Motherbase merupakan semacam HQ – yang kalo anda mengikuti dari GZ – yang telah
dirusak dan dihancurkan oleh XOF dan akan dibangun kembali. Jika dulu pada
Peace Walker anda hanya melihat dari eagle
eye saja akan Motherbase ini, sekarang anda bisa free roaming di area industrial ini. Pada awalnya anda hanya akan
mempunyai satu rig saja, sampai pada
point tertentu anda akan diberikan kemampuan untuk melakukan pembangunan rig lainnya dengan mengeluarkan sejumlah
GMP. Seingat saya ada opsi untuk membangun empat rig dengan konsentrasi berbeda: R&D, recovery, brigs, equipment kalau tidak salah. Mungkin kedepannya, opsi yang
diberikan akan lebih banyak lagi. Dan recruitment
kembali muncul, dan dengan menggunakan fasilitas fulton, anda tidak perlu
lagi bersusah payah memukul pingsan salah seorang troop dan menggotongnya menuju truck
atau titik tertentu seperti pada jaman Peace Walker atau Portable Ops. Para troops yang direkrut, kedepannya akan
dapat anda temui sedang berkeliaran di Motherbase, member hormat kepada Snake,
atau bahkan bergosip ria sembari melakukan patroli. Pada dasarnya para troops di dalam game ini (alias
kroco-kroco ini) mempunyai rank dan skill masing-masing, sama seperti di game
pendahulunya. Namun nanti pada satu titik, anda akan mampu melakukan scan
kepada para troops yang ada di medan
perang untuk melihat rank dan skill mereka, sehingga anda tidak perlu
membuang-buang persediaan fulton ataupun ammo anda demi calon anggota Diamond
Dogs yang berkemampuan rendah.
Reflex-Time:
Mungkin saya sudah lupa, namun beberapa
website yang telah memberikan review terhadap game ini (website luar tentunya)
mengatakan bahwa fitur flex-time atau
reflex time ini telah diterapkan
sebelumnya pada gameplay GZ. Semacam bullet
time di Matrix, reflex time akan memberikan
anda kesempatan untuk menetralisir keberadaan serta ketegangan anda ketika
secara tidak sengaja terlihat oleh para troops
atau penjaga. Akan terdengar bunyi yang sangat signifikan ketika sang troops kaget melihat keberadaan anda dan
waktu seakan melambat. Pada kesempatan itulah anda dapat memaksimalkan aksi
anda dalam “membungkam” sang penjaga kagetan tersebut: entah menembakan tranquil bullet langsung ke kepalanya
(agar kemudian ia bisa di rekrut menggunakan fulton) atau menggunakan lethal bullet. Namun nampaknya, reflex time ini akan berhenti setelah
anda menghabisi satu target saja, atau anda ingin mengganti senjata yang anda
gunakan (misal: dari EZ gun menjadi famas, ketika proses penggantian, reflex time akan terhenti).
Mechanical
Arm: Saya lupa nama yang mereka
gunakan dalam game tersebut, namun sudah pasti itu adalah suatu tangan
prostetik mekanik yang mutakhir. Pada awalnya tangan ini hanya memiliki
kemampuan untuk memproduksi bunyi seperti orang sedang mengetuk-ketuk suatu
lapisan demi mencari perhatian kepada orang disekitarnya. Snake nampaknya sudah
sangat familiar dengan benda ini, dikarenakan gerakannya yang luwes dan tidak
canggung ketika melakukan CQC. Nanti ada kemungkinan bagi sang tangan untuk
mendapatkan upgrade setelah anda
melewati beberapa misi krusial di main
story dan juga side ops.
D-Dog
and Other Companions: Companion
merupakan suatu hal yang baru yang saya temui sepanjang seri MGS. Entah apakah
kehadiran Snake ketika Raiden membutuhkan pertolongan pada MGSII juga termasuk companion dan keberadaan EVA di MGSIII
juga sama halnya, namun saya melihat sesuatu yang baru disini. Companion awal dimulai sedari awal game
dimulai, ketika anda nanti akan bertemu dengan Ishmael hingga akhirnya cutscene
berakhir. Lalu ketika sudah memasuki tahap awal permainan, anda akan diberikan
D-Horse sebagai companion sekaligus
sarana transportasi. Lalu setelah beberapa saat, anda akan berkesempatan untuk
menyelamatkan seekor anjing kecil yang nantinya akan tumbuh besar dan mampu
menjadi companion anda yang bernama
DD (D-Dog). Selanjutnya eksistensi Quiet, sniper sexy, sebagai companion. Saya tidak dapat memberikan
penjelasan lebih lanjut, karena saya belum sampai ke tahap itu. Para companion ini diberikan opsi untuk di-custom sesuai dengan yang anda inginkan
dan butuhkan. Seperti D-Horse yang memiliki opsi untuk dikenakan pakaian perang
(semacam rompi dan visor anti-peluru), dan mungkin akan sama dengan kustomisasi
DD dan Quiet.
A trusty companion - D-Horse. Soon it will be able to do several different tricks. And also may replaced by DD or Quiet. |
Gotta
Fulton’em All!: Fulton, selain
memiliki fungsi sebagai penyelamat dan mesin perekrut, juga memiliki peran
penting. Di dalam dunia yang sungguh open-world
ini, Snake selain menemui musuh-musuhnya, ia juga akan bertemu dengan hewan-hewan,
tumbuhan, persenjataan berat, kendaraan, hingga cargo yang berisikan bahan-bahan serta perlengkapan yang dapat
membantu pembangunan Motherbase. Peran fulton disini adalah menangkap dan/atau
mengangkut sebanyak mungkin hewan, peralatan, persenjataan, kendaraan, bahkan cargo tersebut untuk dipindahkan ke
Motherbase, yang pada akhirnya nanti sepertinya akan memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap perkembangan pola permainan dari game ini. Hewan yang anda
dapat temui berkisar dari burung gagak hingga beruang; kendaraan berat seperti
jeep hingga tank dapat anda angkut, dan juga tersebarnya cargo yang penuh dengan barang berguna di beberapa camp, outpost, hingga village dimana para troops bersiaga.
Metal Gear Online: merupakan suatu fitur yang sudah dapat diakses per tanggal 1
September silam. Namun saya belum sempat merasakan dan mencoba fitur tersebut. Dikarenakan minimnya quota internet. Yap.
Yang dapat saya simpulkan dari 14 jam saya memainkan game ini adalah: it’s a huge game. Dahulu mungkin 14 jam
saya sudah dapat menamatkan MGS, MGSII, atau MGSIII. Namun sekarang, sudah 14
jam saya baru mendapatkan overall
complete indicator sebesar 2%. Banyak ekspektasi dan juga ketertarikan saya
terhadap alur cerita seri ini, bahkan pada saat tulisan ini diketik, ada hasrat
diri untuk melihat dan membaca laman wikia yang pasti akan sangat spoiler. Melihat penilaian beberapa web reviewer yang memberikan nilai
tinggi bahkan sempurna (seperti Gamespot dan IGN memberikan 10/10), saya merasa bahwa asumsi saya mengenai ketenaran
game ini benar. Game yang telah ditunggu-tunggu oleh para fans sejatinya.
Dengan suatu gebrakan yang baru dan juga semacam final curtain call, Metal Gear Solid V akan menjadi suatu game
legendaris dan dapat diangkat menjadi game klasik dikemudian hari.